Friday, May 17, 2013

Sunnah Sebelum Sholat Idul Fitri

Sunnah Sebelum Sholat Idul Fitri - Hari ini tepat 1 hari setelah hari kemerdekaan republik Indonesia yaitu 18 agustus 2012 insya Allah merupakan hari terakhir puasa ramadhan 2012. Kalau kita ingat-ingat sejarah kemerdakaan bangsa kita, puasa tahun ini hampir mirip dengan detik-detik kemerdekaan, yang mana waktu itu juga sedang bulan ramadhan. Kembali ke pembahasan utama mengenai sunnah-sunnah yang bisa anda kerjakan sebelum melaksanakan solat idul fitri, yang insya Allah akan diselenggarakan besok pada hari minggu secara serentak. Terdapat beberapa amalan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, apa saja itu?



Yang pertama adalah mandi, Islam selalu mengajarkan kebersihan. Bahkan dalam Islam kebersihan itu ditempatkan sebagai bagian dari keimanan. Riwayat Musa bin Uqbah dari Nafi bahwa Umar mandi dan memakai wewangian pada hari raya Idul Fitri.

Yang kedua adalah memakai wangi-wangian, memakai wangi-wangian merupakan salah satu sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Bahkan perbuatan ini merupakan salah satu dari 4 sunnah para rassul, sebagaimana hadits Rasulullah SAW, "Empat macam diantara sunnah-sunnah para Rasul yaitu : berkasih sayang, memakai wewangian, bersiwak dan menikah" (HR. Tirmidzi).

Yang ketida adalah berhias dengan pakaian terbaik, sebagaimana hadits Rasulullah SAW, “berhiaslah dengan pakain yang terbaik” (HR. Bukhari). Pakaian terbaik dalam hal ini bukan berarti pakaian anda harus baru dan mahal sebagaimana yang berkembang dalam masyarakat kita saat ini. Pakaian terbaik disini adalah pakaian yang bersih bebas dari hadas besar maupun kecil, dan merupakan pakaian yang terbaik dari yang kamu miliki (pakaian yang paling kamu sukai diantara pakaian yang sudah kamu miliki). Nabi saw bianya mengenakan pakain yang putih atau dominan putih, namun bukan berarti yang berwarna lain tidak boleh dikenakan pada Idul Fitri. Asal memenuhi syarat dan ketentuan sesuai syariah, pakaian warna apapun diperbolehkan.

Sunnah sebelum sholat idul fitri yang keempat adalah makan, Hal ini didasarkan pada hadits dari Malik ibn Anas yang menyebutkan bahwa rasulullah saw tidak keluar pada Hari Idul Fitri sebelum Beliau makan beberapa biji buah kurma. Ini untuk menandakan bahwa pada hari tersebut kita sudah tidak puasa lagi (berbuka).

Yang kelima yaitu bertakbir saat berangkat menuju masjid/tempat solat idul fitri, Nabi saw keluar rumah pada hari raya Idul Fitri lalu Beliau bertakbir sampai datang ke tempat shalat dan sampai setelah shalat.

Sunnah yang terakhir adalah menempuh jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang dari masjid, hal ini didasarkan dari hadits yang diriwayatkan dari Jabir ra ia berkata “Bahwasanya Rasulullah saw pada hari Idul Fitri mengambil jalan lain, selain jalan yang dilalui sewaktu berangkat” (HR. Bukhari).

Itulah beberapa amalan sunnah sebelum sholat idul fitri yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Bagaimana menurut anda, apakah ada sunnah lain yang belum saya tuliskan? atau ada koreksi dari tulisan saya? jika ada yang salah mohon dibenarkan.

Selamat Idul Fitri 1433 H mohon maaf lahir batin.

No comments:

Post a Comment